Sunday, June 26, 2011

Asal Usul Tempura ( 起源天ぷら )

Minna san, jangan lupa beri komentar 
コメントすることを忘れないでください 
( Komento suru koto o wasurenaide kudasai ) ^^V sankyu


Hay minna san,tahukah kaliaaan asal dari tempura....
Kabar mengejukkan niiihh...ternyata,tempura BUKAN BERASAL DARI JEPANG.... Nah loh....
Ini aku jiplak... ( huhuu...maafkan saya --" ) dari www.wikipedia.org 

Yuks kita simak pastinya dengan bahasa yang sederhana di telinga minna san ^0^v ( peace )

の歴史 ( Sejarah ) 
  Tempura bukan makanan asli Jepang ( haaaah ??!! ) Yah... menurut catatan yang bisa dipercaya, cara menggoreng dengan mencelup makanan dengan adonan tepung diperkenalkan oleh misionaris Katolik dari Portugis pada abad ke-16. Ada pendapat yang mengatakan kata "Tempura" berasal dari tradisi misionaris Portugis memakan makanan laut pada masa Pra-Paskah yang dalam bahasa Latin disebut ad tempora cuaresmae. Penjelasan lain mengatakan kata "Tempura" berasal daribahasa Portugis temporas (masa suci), tempero (bumbu dapur), templo (kuil), atau tempora yang berasal dari bahasa Spanyol atau bahasa Italia.
Pada zaman Edo, tempura merupakan makanan rakyat yang dijual di kaki lima dengan harga terjangkau. Tempura yang digoreng dengan minyak goreng yang harganya mahal seperti minyak wijen dan minyak biji kapas kemudian menjadi menu yang disajikan restoran mahal di Tokyo dan Kyoto. Masakan Tionghoa juga mengenal sejenis tempura yang ditulis menggunakan aksara Tionghoa 軟炸 di depan nama bahan makanan, misalnya 軟炸蝦仁 untuk tempura udang.
Pada awalnya, tempura adalah sebutan untuk masakan daerah Kyushu dan Okinawa yang digoreng dengan minyak goreng yang didatangkan dari luar Jepang. Sejak zaman dulu sebenarnya di Jepang sudah dikenal gorengan dari adonan ikan yang dilumatkan bercampur tepung yang disebut Satsuma-age. Tempura berupa gorengan makanan laut dan sayur-sayuran seperti yang dikenal sekarang ini baru dimulai sejak zaman Edo. Nah,oleh sebab itu tempura lebih famous dikenal dari Jepang,soalnya terkenal dengan seafood nya ^^ tapi gag papalaah....yang penting ENAAAAK ^0^ ahahahhahaaaa.... Yuuks kita intip cara membuat tempuranya ( nguikk...nguikk.... (->.->)

Cara Membuat Tempura ( 天ぷらを作る方法 )

Asal kamu tahu guys...Pada zaman Edo dikenal 2 jenis tempura berdasarkan bagian telur yang dipakai untuk adonan tepung, yaitu Kinpura (kuning telur saja) dan Ginpura (putih telur saja). Sebagian kecil penjual tempura yang kuat memegang tradisi masih mempertahankan kedua jenis tempura ini lhooo.
Wuoooo...makin pengen kah kalian ^^v wkwkwkwkwkk.....
Kita intiiip sekarang variasi Tempuranya yaaps....
A. Shojin-age ( 精進揚げ ) 
Shojin Age
Yaitu tempura yang hanya terdiri dari sayur-sayuran. 







B. Es Krim Tempura 
Es krim tempura
 Es krim yang digoreng dengan adonan tempura








C. Umeboshi Tempura 
Umeboshi tempura 
Bek Inter Milan, Yuto Nagatomo,
Berasal dari Umeboshi yaitu sejenis asinan semacam kismis,bulet bentuknya seperti kelereng,warna sebelum dimasak merah. Manfaatnya jangan salaah.....buat meningkatkan energi. Kamu tahukan,pemain asal Jepang Bek Inter Milan, Yuto Nagatomo,sebelum pertandingan,dia selalu makan umeboshi. ^^


D. Momiji Tempura 
Momiji Tempura
Oleh-oleh dari air terjun MIno
Kue kering berupa daun maple yang digoreng adonan tepung bercampur wijen dan gula, merupakan oleh-oleh dari air terjun Mino yang terdapat di kota Mino, Prefektur Osaka.


^^ sebenernya masiiih banyak lagi macam-macam dari tempura,tapi yang Yuri bahas disini yang aneh-aneh ^^
Okey minna san,yang uda pernah nyoba ni makanan share yaah ^^ sankyu

0 komentar: