Friday, May 11, 2012

Sekilas Tentang Aneka Makanan Jepang

Minna san, jangan lupa beri komentar 
コメントすることを忘れないでください 
( Komento suru koto o wasurenaide kudasai ) ^^"v sankyu

Hay minna san ^^
Yuri dsini akan mengenalkan sekilas tentang makanan Jepang,biar kita dong,alias ngerti :p
Jangan heran ya,kalo Yuri bahas makanaaaaaaan terus hehee....gag papa,habis baca posting ini langsung deh berburu makanan Jepang :p Oh ya minna san,kasi komentar yah gimana rasanya dari makanan di bawah kalo dah baca ^^v saling berbagi pengalaman :p

Tempura

Tempura adalah berbagai gorengan,baik daging maupun sayuran yang digoreng dengan tepung. ^0^









Donburi ( rice bowl )
Donburi
Nasi dalam mangkuk dengan berbagai lauk/masakan yang disajikan di atasnya.Singkatnya donburi sama saja dengan rice bowl.So,lauknya bisa apa saja,bahkan nasinya bisa diganti menjadi mie. Ouww....gimana ya ini rasanya ?? :p ( ngilerrr )







Kamaboko
Kamaboko
Makanan yang mengandung ikan atau kepiting,semacam snack dengan warna-warni menarik tapi dengan rasa ikan.












Onigiri
Onigiri
Nasi kepal yang dikombinasika dengan sayuran atau rumput laut.Biasanya berbentuk segitiga kalo gag bulet-bulet ^0^








Takoyaki
Takoyaki

Snack berbentuk bola-bola yang mengandung daging gurita (tako).
Termasuk jajanan umum di Jepang.Rasanya asin dan gurih. Dan sekarang jadi jajanan umum juga di Indonesia dengan berbagai rasa ( daging,tuna,gurita ato cumi,telur dsb.)









Taiyaki 
Taiyaki
Kue berbentuk ikan yang di dalamnya berisi pasta kacang merah yang manis.








Okonomiyaki
Okonomiyaki
Semacam martabak telur,yang adonannya digoreng di penggorengan datar,diisi dengan potongan sayuran,seafood,dll.








Miso
Miso
Pasta kacang kedelai yang difermentasikan,digunakan untuk bumbu masak.










Sushi dan Sashimi
Sushi adalah nasi yang diberi bumbu.
sushi

sashimi


Sashimi adalah ikannya.
Sushi dan sashimi dijadikan satu dan sering disebut sushi saja.Sashimi terbuat dari berbagai makanan mentah yang berasal dari seafood,sepertiikan salmon,,gurita,telur ikan,dll. 


Wasabi 
wasabi
Sambal yang dibuat dari lobak hijau,berwarna hijau yang pedas,biasanya untuk bumbu sushi.Wasabi juga nama dari makanan kecil yang terbuat dari semacam jelly dengan hiasan warna-warni.











Bento
bento i love you
bento standart
Makanan yang dikemas di dalam kotak makan. Mirip 'rantang' dalam budaya Indonesia :p. Bento biasanya dibuat untuk bekal makan di luar rumah,berupa nasi dan bermacam lauk pauk. Uniknya bento tidak hanya enak,tapi juga sedap dipandang mata. Dalam anime atau manga,sering kali tokoh cewek membuatkan bento untuk cowok yang disukainya,dengan lauk yang diberi hiasan sperti wortel yang dibentuk hati dan saus dibuat tulisan I Love You,dll yang dinamakan Love Bento.Love Bento ini boleh juga diberikan pada seseorang yang spesial pada hari valentine.

Konnyaku

konyaku jadi
Semacam bahan dari tumbuhan utuk membuat jelly/agar-agar.










Yakitori
yakitori
Semacam sate ayam Jepang,berupa daging ayam yang dipanggang di tusuk sate.Tapi jangan samakan dengan sate ayam Indonesia.












Shabu-shabu
shabu shabu
Daging sapi yang diiris tipis-tipis,dimasak di kuah kaldu yang panas bersama dengan potongan sayuran atau daging lain yang sudah dipotong-potong,seperti bakso atau seafood. ^^ hoaaaaaaahhh osihiiii ^^












Dorayaki
Dorayaki
 Eitttsss...inget Doraemon inget namanya dorayaki dong.... Yaaps ..Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembem, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu. :p wuooo.....Oishiii










Manju


Manju
Manju adalah makanan tradisional Jepang yang populer . Ada banyak jenis Manju, tetapi kebanyakan memiliki luar dibuat dari tepung terigu, tepung beras dan gandum dan pengisian (pasta kacang merah), terbuat dari kacang Azuki rebus dan gula. Mereka direbus bersama-sama lalu diremas. Ada beberapa jenis pasta kacang yang digunakan termasuk koshian, tsubuan, dan tsubushian.( klik link nya biar tau ^^ )













Melon Pan
Melon Pan
Melonpan (メロン パン meronpan), Juga dikenal sebagai panci Melon, Melon roti atau roti manis produk dari Jepang, tetapi juga populer di Taiwan dan Cina. Mereka dibuat dari adonan kue renyah. Penampilan mereka menyerupai melon, seperti rock melon (semangka).Variasinya ada chocolate chips antara lapisan kue dan diperkaya adonan lapisan, dan non-melon dibumbui dengan versi karamel, maple sirup, cokelat, atau rasa lain, kadang-kadang dengan sirup, kocok atau krim rasa, atau puding sebagai pompa. Dalam kasus variasi tersebut, nama dapat membuang kata “semangka” ( “mapel panci”) atau mungkin tetap sekalipun tidak ada rasa melon ( “cokelat melon pan”). ~~ mbayangin betapa Oishiiiinyaaa ^^


Mochi
Mochi
Mochi (Jepang: 饼) adalah kue beras Jepang yang terbuat dari beras ketan ditumbuk menjadi pasta dan dibentuk menjadi bentuk. Di Jepang itu secara tradisional dibuat dalam suatu upacara yang disebut mochitsuki. Sementara juga dimakan sepanjang tahun, Mochi adalah makanan tradisional untuk Jepang Tahun Baru dan biasanya dijual dan dimakan selama waktu itu. Mochi juga merupakan camilan terkemuka di Hawaii dan Taiwan.








Kakigori


Kakigori
Kakigōri (かき氷?) Adalah makanan pencuci mulut Jepang yang terbuat dari rasa es serut dengan sirup.
stroberi, ceri, lemon, teh hijau, anggur, melon, “biru-Hawaii” plum manis, dan berwarna sirup. Beberapa toko menyediakan varietas yang berwarna-warni dengan menggunakan dua atau lebih yang berbeda sirup. Untuk mempermanis Kakigōri, susu kental sering dituangkan di atasnya.















 Chawanmushi
Chawanmushi
 Chawanmushi (茶碗蒸し, Chawanmushi, secara harfiah “uap cangkir teh” atau “dikukus dalam mangkuk teh”) adalah hidangan custard telur yang ditemukan di Jepang yang menggunakan benih ginkgo. Tidak seperti banyak custard lain, biasanya dimakan sebagai hidangan pembuka. The custard terdiri dari campuran telur dibumbui dengan kecap, dashi, dan mirin, dengan berbagai bahan seperti jamur shiitake, Kamaboko, dan udang direbus ditempatkan dalam cangkir teh seperti wadah. Resep untuk hidangan yang mirip dengan telur dikukus Cina, tapi mungkin sering berbeda topping.








Sake
sake
Minuman keras beralkohol khas Jepang yang tebuat dari beras.Sake ada yang diminum,ada juga yang dipakai sebagai bumbu masak.









Nori
nori
Rumput laut yang sering digunakan dalam berbagai makanan Jepang,seperti sushi,mie,dll.












Macam-macam mie: 

Soba 
soba mie
Soba (蕎麦 atau そば?) adalah salah satu jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung buckwheat(gandum buk). Dalam bahasa Jepang, tumbuhan sereal buckwheat juga disebut "soba". Selain itu, istilah "soba" juga bisa berarti mi telur asal Tiongkok yang dimasak menjadi yakisoba atau ramen.









Udon

udon
Udon  (うどん,饂飩 ) adalah salah satu jenis mi yang sudah dikenal di Jepang sejak dulu, dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar.









Ramen 

ramen
 (拉麺;ラーメン) adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari Cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba (中華そば soba dari Cina?) atau shina soba (支那そば?) karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi.

Yakisoba  (ソース焼きそば sōsu yakisoba, soba goreng saus) 
Yakisoba


adalah masakan mi goreng Jepang dengan bahan mi, kol, sayur-sayuran dan daging, ditambah bumbu saus uster atau saus yakisoba.


















Somen 
Somen


 Mie yang lebih tipis dari Soba,terbuat dari tepung terigu.Somen sering dipakai untuk membuat mie dingin.
















Harusame 
Harisume
Mie tipis bening terbuat dari gelatin kacang.


























Shiratake 
Shiratake
 mie soun

























Tsukemono 
Tsukemono
 Acar Jepang,yang terdiri dari banyak macam dan terbuat dari buah atau sayuran sebagai pendamping makanan utama. 



























Naaah...setelah baca ini kalian pasti lapaar  :D ihiiii...buad yang udah pernah ngicipin niih salah satu makanan share yah rasanya gimana.....sankyu guys ^^v

0 komentar: